Mengatasi Daftar Nama Printer yang Tidak Muncul di Excel

2/08/2016 10:10:00 AM |

Hari ini saya menemui masalah baru lagi. Masalah yang baru pertama kali saya alami. Seorang teman guru bertanya mengapa dokumennya di Excel tidak bisa di print? Ketika saya lihat laptop beliau ternyata ketika akan mencetak dokumen excel, daftar printer tidak ditemukan, namun anehnya ketika akan mencetak dokumen word, daftar nama-nama printer bisa ditemukan. Ketika saya mencoba membuat salah satu printer menjadi default, muncul pesan error 0x00000709:"Can't Set Default printer". Akhirnya karena penasaran (saya termasuk tipe orang yang mudah penasaran dengan suatu masalah, sebelum masalah tersebut bisa teratasi :D) saya pun mencari solusi di Google. Setelah membaca di sana sini, ketemu juga solusinya dan saya langsung eksekusi laptop yang bermasalah tersebut. Berikut langkah-langkah yang telah saya coba:
1. Jalankan "run" (dengan menekan tombol window+R) kemudian masuk registry dengan mengetik "regedit"(tanpa tanda kutip).
2. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > WindowsNT > CurretntVersion > Windows.

3. Lihat panel di sebelah kanan, terdapat tulisan "device". Jika tulisan device di double klik akan muncul nama printer yang menjadi default. 
4. Hapus device tersebut dengan cara klik kanan > delete.
5. Jika tidak bisa dihapus karena tidak mempunyai hak akses, ubah permission dengan cara klik menu edit > permission beri centang pada full control.

6. Restart laptop, setelah masuk windows, ubah default printernya.
Semoga berhasil....

@Blitar, di hari yang mendung

0 komentar:

Posting Komentar