Keceriaan Masa Muda

3/16/2016 11:30:00 AM | ,

"Masa muda masa yang berapi-api" 
Begitulah bunyi lirik dari Bang Roma dalam salah satu lagunya. Memang benar arti dari lirik lagu tersebut begitu melihat kejadian beberapa waktu lalu. Sebenarnya kejadian ini sudah agak lama terjadi, waktu musim penghujan mulai datang menghampiri. Waktu itu saya tengah menunggu jam pelajaran di ruang guru. Kebetulan meja saya dekat dengan pintu belakang dan menghadap lapangan basket. Hujan turun begitu lebatnya kala itu, anak-anak tanpa basa-basi langsung menyerbu lapangan basket dan memainkan bola dengan lincahnya, sepatu pun mereka tanggalkan. Meski hujan mengguyur, mereka tetap dengan asyiknya bermain bola, baju basah pun mereka tak peduli.
Saya hanya bisa melihat mereka dari balik pintu, mereka dengan cerianya, dengan senyum dan tawa khasnya mereka terlihat begitu gembira, tanpa beban. Mereka melupakan sejenak aktivitas sekolah, tugas-tugas, dan hasil ulangan mereka. Saya pribadi juga merasa gembira melihat keceriaan mereka, dengan maraknya game online, melihat anak-anak bermain seperti itu rasanya membuat saya mengingat masa-masa kecil yang hari-harinya selalu diwarnai permainan-permainan tradisional. Saat ini dengan adanya game online, anak-anak jadi tidak menyukai permainan tradisional yang sebenarnya sangat baik untuk fisik mereka, tidak hanya fisik tetapi juga baik untuk menumbuhkan jiwa sosial mereka.
Ketika mereka memainkan bola di lapangan basket, anak-anak tampak jatuh bangun memperebutkan bola. Mereka tidak merasakan sakit bahkan tidak berpikir bagaimana nanti kalau mereka terserang flu atau bagaimana mereka nanti kalau dimarahi orang tua. Yang ada hanya kecerian bermain bersama teman-temannya.

Pesan saya, tetaplah dengan keceriaan kalian, tetap pertahankan hubungan pertemanan kalian, jaga persahabatan, jangan lupakan masa-masa indah remaja, namun tetap utamakan belajar, songsong masa depan kalian dengan gemilang. Buktikan bahwa kalian mampu lulus UN tahun ini dengan nilai yang optimal. Selamat Berjuang anak didikku..


@Blitar, ruang guru SMP Negeri 1 Srengat jam pelajaran ke 5


0 komentar:

Posting Komentar