Menggunakan Fungsi Consolidate pada Microsoft Excel 2007

3/15/2016 11:09:00 AM |

Pada postingan kali ini saya ingin menjelaskan tentang salah satu fungsi dari menu "consolidate" pada Ms. Excel 2007. Kebetulan sebelumnya saya juga belum pernah menggunakan menu ini, tetapi karena ada salah satu murid saya waktu SMP dulu bertanya kepada saya, maka saya pun harus belajar lagi untuk bisa menjelaskan. Terimakasih saya ucapkan kepada Afra Annisa karena sudah menambah ilmu saya dengan bertanya :)
Fungsi consolidate pada excel adalah untuk menggabungkan nilai beberapa range ke dalam satu range. Sebagai contoh misalnya kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari beberapa nilai ulangan harian. Tabel nilai dapat dilihat pada gambar di bawah.
Langkah-langkah untuk mendapatkan nilai rata-rata dari ketiga ulangan tersebut dan menjadikannya dalam satu tabel adalah:
1. Letakkan kursor di cell G5 (optional, bisa dimanapun sesuai keinginan), pilih tab Data, pilih menu Consolidate.
2. Setelah muncul jendela consolidate, pada Fungtion pilih "Average" (karena kita ingin mencari rata-rata). Pada Reference ketik "Sheet1!$B$5:$C$8" (tanpa tanda kutip) untuk ulangan 1, klik Add, lakukan lagi hal yang sama untuk ulangan 2 ("Sheet1!$B$12:$C$15"), dan ulangan 3 ("Sheet1!$B$19:$C$22"). Atau bisa juga drag masing-masing tabel untuk memasukkan reference, kemudian klik Add.
Pada Use label in beri tanda centang pada Top Row dan Left Column. Sehingga tampak seperti gambar berikut.
3. Setelah selesai klik OK, hasilnya akan seperti gambar berikut.
Untuk kelemahan dari penggunaan rumus ini adalah ketika kita mengubah data awal tabel nilai rata-rata tidak langsung ikut berubah. Selamat mencoba, semoga sukses..

@Blitar, ruang guru SMP Negeri 1 Srengat, jam pelajaran ke 7


0 komentar:

Posting Komentar