Empuk dan Lembutnya Terang Bulanku

4/24/2016 12:25:00 PM | ,

Baru-baru ini saya mencoba membuat salah satu jajanan manis yang sudah begitu banyak penggemarnya. Namanya terang bulan, ada juga yang menyebutnya martabak manis. Cara membuatnya terbilang mudah, namun kalau tidak jeli terang bulan buatan kita jadi tidak bersarang dan jadi mirip seperti pancake. Bahan-bahannya pun juga tidak sulit kita temukan. Untuk cetakannya pun karena saya tidak punya cetakan terang bulan, saya menggunakan teflon sebagai gantinya.
Berikut bahan dan cara pembuatan terang bulan yang telah saya coba. Karena baru pertama kali mencoba, saya membuat adonannya sedikit. (takut gagal dan malah jadi buang-uang adonan).

Bahan:
10 sdm tepung terigu
5 sdm gula pasir
1 butir telur
1 bks kara santan kelapa
1 sdt fernipan
1 sdt baking powder
untuk isiannya saya karena baru coba-coba saya hanya menggunakan blue band dan coklat meisis.


Cara membuatnya:
1. Campurkan kara dengan 100ml air, tambahkan 1 sdt garam kemudian rebus hingga mendidih. Diamkan hingga hangat.
2. Campurkan telur dan gula pasir, kemudian kocok hingga tercampur rata.

3. Setelah gula dan telur tercampur rata masukkan tepung terigu dan fernipan.

4. Aduk sambil tambahkan santan sedikit demi sedikit
5. Aduk hingga adonan tercampur seluruhnya dan ketika dituang adonan tidak putus-putus.

6. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan hingga 1 jam
7. Panaskan teflon, sambil menunggu teflon panas masukkan baking powder ke dalam adonan dan aduk cepat hingga rata.
8. Tuang adonan ke teflon yang sudah panas, kemudian tutup

9. Ketika mulai muncul sarang semut taburi dengan gula pasir secukupnya kemudian tutup kembali

10. Angkat ketika permukaan adonan kering 
11. Olesi dengan margarin dan taburi dengan coklat meisis, lipat

Terang bulan hangat siap disajikan. Meskipun pembuatannya sederhana terang bulan ini rasannya empuk dan lembut tak kalah dengan yang dijual di pinggir jalan :p Karena teflon yang saya punya ukuran 28cm dan yang saya buat cuma sedikti jadinya terang bulannya tipis. Serat-seratnya jadi tidak begitu terlihat :( tapi lumayan lah untuk percobaan pertama :p

Silakan mencoba sendiri di rumah

@Blitar, tepat tengah hari


0 komentar:

Posting Komentar