Mengatasi Sinyal Internet yang Hilang

4/28/2016 08:09:00 AM | ,

            Hari ini saya ingin menceritakan pengalaman saya tentang mengatasi sinyal internet yang hilang. Ceritanya hari ini saya dimintai tolong oleh salah satu teman guru untuk mendaftarkan paket internet smartphonenya. Guru tersebut menggunakan smartphone OPPO dengan dual SIMcard. SIM 1 digunakan untuk kartu Telkomsel dan SIM 2 kartu Three. Sebelum mendaftarkan paket internet, saya mencari dulu mana yang paling murah. Setelah saya coba ternyata Telkomsellah yang paling murah, untuk Paket data sebesar 3GB/30 hari hanya dikenakan biaya Rp. 20.000 (ini biasanya promo untuk SIM card dengan pemakaian yang lama, kira-kira lebih dari 5 tahun)
           Setelah terdaftar dan saya cek di *889# paket data yang tertera adalah 3072 MB. Kemudian jaringan internet saya ubah ke SIM 1 untuk memulai menggunakan paket data dan tak lupa saya aktifkan. Namun apa yang terjadi, meski sinyal penuh namun tidak ada sambungan internet, tidak ada tanda H+, 3G, ataupun E. Sehingga tidak bisa browsing,dsb padahal di daerah saya sinyal Telkomsel sangat baik. Saya bingung apa ini karena hp nya yang rusak sehingga tidak bisa mendeteksi sinyal atau kartu SIMnya yang bermasalah. Saya cek di pengaturan HP memang untuk sambungan internet terputus.
           Wah ada apa ini..langkah awal yang saya lakukan adalah merestart smartphone, namun hailnya nihil. Langkah berikutnya adalah mengembalikan mode jaringan ke SIM 2 dan ternyata ketika saya menggunakan SIM 2 sebagai jaringan internet, sinyal internet bisa muncul namun tidak bisa digunakan karena paket data yang tersisa 0MB. Saya pun berpikir untuk menukar posisi SIM card, namun setelah saya buka HP, SIM card satu berbentuk micro SIM dan yang SIM 2 berbentuk nano SIM, sehingga posisi SIM card tidak bisa ditukar.
           Setelah terdiam cukup lama, saya meminta tolong teman saya yang lain untuk memasukkan SIM card Telkomsel tadi ke smartphone-nya hanya sekedar untuk mengecek dimana letak kerusakkannya. Ketika sudah dinyalakan dan jaringan internet sudah di setting di SIM card tersebut, yang terjadi adalah muncul tanda H+. Akhirnya saya tersenyum lega dan merasa masalah sudah teratasi. Jadi smartphone OPPO tersebut pada SIM 1 nya tidak bisa mendeteksi sinyal, dan saya berfikir smartphone OPPO tersebut perlu direparasi.
          Namun senyum saya tidak berlangsung lama, ketika dicoba untuk browsing hasilnya gagal. Tidak bisa lagi untuk berselancar di dunia maya. Haduh...apa lagi ini masalahnya. :(. Langkah terakhir saya menghubungi customer service dari Telkomsel, niatnya coba-coba sih. Saya menghubungi 188 dan dihubungkan dengan CSnya. Mbak nya sangat ramah dan bertanya apa masalah yang sedang saya hadapi. Saya pun cerita panjang lebar tentang apa yang saya alami hari ini sampai membuat saya galau. hehe...
          Setelah di cek, mbak CS berkata bahwa nomor dalam keadaan baik, sinyal di daerah saya juga tidak ada masalah, paket data juga sudah terdaftar. Terakhir mbk CS berkata bahwa nomor tersebut belum tersetting GPRS nya. Untuk men-setting GPRS kartu Telkomsel mbk CS memandu dengan cara ketik *363*231# kemudian OK, setelah itu saya mendapat sms notifikasi dari Telkomsel yang isinya Pembukaan GPRS anda telah berhasil. Cara ini bisa anda lihat di WEB Telkomsel http://www.telkomsel.com/customer-service/handset-setting. Restart dan Smartphone pun siap digunakan untuk menjelajah dunia maya. Akhirnya betul-betul baru bisa bernafas lega. :)  Mungkin ada yang pernah mengalami hal seperti ini, semoga pengalaman saya ini bisa membantu.


@Blitar, SMPN 1 Srengat
     

0 komentar:

Posting Komentar