Untuk Kalian Anak Didikku

5/25/2016 08:38:00 PM | , ,


 Suasana Pengumuman PPDB SMPN 1 Srengat

Ingatkah kalian ketika pertama kali mendaftar di sekolah ini?
Apa niat kalian saat itu? Apakah kalian daftar di sekolah ini karena ingin kejar gengsi, keinginan pribadi, atau karena paksaan orang tua? Tapi yang pasti, niat kalian sekolah untuk menuntut ilmu.
Ingatkah kalian ada beratus-ratus anak yang mendaftar di sekolah ini dan semua ingin diterima menjadi siswa sekolah ini. Sadarkah kalian ada banyak siswa diluar sana yang memimpikan bisa duduk di bangku kalian saat ini. Ada banyak wajah-wajah sedih dan pilu saat pengumuman pendaftaran siswa baru. Tak jarang saya menjumpai seorang ibu dan anaknya berpelukkan menangis sedih karena harus menghadapi kenyataan bahwa mimpinya untuk sekolah di sini tidak terwujud.
Berbeda dengan kalian yang sudah duduk di depan saya saat ini, wajah sumringah, ceria, gembira terpancar dari wajah kalian. Banyak orang tua yang bangga saat mengetahui anaknya diterima di sekolah ini, karena mereka tahu anaknya sudah mengalahkan ratusan calon siswa yang telah mendaftar. Ucapan syukur dan selamat pun terdengar kala itu.
Semangat kalian luar biasa, niat kalian belajar saat pertaman kali masuk sekolah begitu menggelora. Namun, kemana semua itu saat ini? Saya seperti sudah tidak bisa menangkap semangat belajar kalian. Semuanya begitu berbeda dengan pertama kali saya berdiri didepan kelas saat tahun ajaran baru dimulai. Apakah kalian lupa tujuan dan niat kalian ke sekolah adalah untuk belajar. Apakah kalian beranggapan tujuan kalian sekolah hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus? sehingga tak jarang kalian mencoba berbagai macam cara tak pantas hanya untuk memperoleh nilai A. Kalau hanya untuk mencari nilai tanpa mendapatkan ilmunya kalian bisa bilang ke saya dan saya akan beri nilai apapun yang kalian inginkan. Tapi nilai itu akan menjadi nilai kosong yang tanpa ada artinya.
Ingatlah wahai anak didikku, ingatlah bahwa tujuan kalian saat ini adalah menuntut ilmu, bukan untuk mencari nilai, nilai hanya sebuah angka atau tulisan. Nilai yang sesungguhnya adalah nilai yang menjadi bonus kalian karena kalian telah belajar sungguh-sungguh, disipin, dan jujur..
Ingtlah jika kalian hanya mencari nilai, ilmu yang kalian terima akan cepat hilang dan musnah. Dan ingatlah tak semua orang dengan nilai istimewa akan menjadi sukses, namun orang dengan ilmu yang bermanfaatlah yang akan mendapat kesuksesan.
Sebagai seorang pendidik pun saya juga tak luput dari kesalahan, bila ada saran dan kritik untuk saya dari siswa-siswa yang saya ajar selama ini, saya dengan terbuka menerimanya. Mari kita bangun karakter yang lebih baik bersama-sama.



@Blitar, SMPN 1 Srengat

0 komentar:

Posting Komentar