Ingin Anak Anda Berakhlak Mulia Ikuti Tips ini

6/28/2016 11:44:00 PM | ,


Masih ingat postingan saya tentang anak kecil yang sudah belajar menjadi seorang pencuri ? cerita selengkapnya silakan cek di postingan sebelumnya di sini. Sangat miris melihat perkebangan anak saat ini yang masih banyak melakukan perilaku tidak terpuji. Ada apa gerangan? Mari kita cari penyebabnya.
Saat mengikuti pengajian sehabis sholat terawih malam ini, saya mendapat jawaban dari pertanyaan di atas. Apa yang disampaikan oleh pak ustad tadi sederhana tapi sangat mengena. Ada dua cara yang disampaikan pak ustad jika ingin anak berperilaku baik.

1. Beri contoh
Sebagai orang tua berilah contoh yang baik pada sang anak. Ketika orang tua terbiasa melakukan hal baik setiap hari, maka sang anak akan terbiasa juga melakukan hal baik. Sebagai contoh jika kita ingin anak kita rajin sholat, ajak lah anak setiap kita akan sholat. Jika ingin anak rajin membaca Al quran, ajak lah anak bertadarus sesering mungkin. Ajarkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak anak berusia dini, karena anak usia dini akan mudah ingat dan jika dilakukan terus menerus akan melekat pada anak ketika dewasa nanti.

2. Beri makanan yang halal
Tak bisa dipungkiri bahwa makanan yang masuk kedalam tubuh bisa mempengaruhi karakter seseorang. Jika anda ingin anak anda berakhlak mulia, berikanlah makanan halal. Ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa jika makanan haram masuk ke dalam tubuh seseorang maka orang tersebut berpotensi besar untuk malakukan perbuatan tercela. Namun perlu diingat tentang apa itu makanan haram. Makanan haram ada dua jenis yaitu haram karena dzatnya dan haram karena sebab. Makanan haram karena dzat adalah makanan yang sudah jelas diharamkan oleh agama misal bangkai, darah, daging babi, dsb. Sedangkan makanan haram karena sebab yaitu makanan yang awalnya halal menjadi haram karena suatu alasan misal nasi yang berasal dari beras hasil mencuri, daging ayam yang disembelih tidak dengan menyebut nama Allah, dsb. Dampak buruk mengkonsumsi makanan haram dapat juga dibaca di sini.

Jadi jelas agar anak kita menjadi  anak yang mempunyai akhlak baik, hendaknya kita sebagai orang tua senantiasa memberikan teladan yang baik dan memberikan makan dan minuman yang halal.

 @Blitar, my home sweet home

0 komentar:

Posting Komentar